Selamat tahun baru 2019, sukses selalu di hadapan anda

Tahun 2018 sebentar lagi berlalu masuk ke tahun 2019. Banyak hal yang terjadi di tahun 2018 antara lain hambatan, tantangan, kesulitan bahkan kelancaran dicapai di tahun 2018. Penuh dengan hambatan tentu saja, oleh sebab itu setiap tahun perencanaan yang matang akan menjadi bagian dalam manajemen. Bagaimana menjalankan perencanaan tahun 2018 dengan baik, mengimplementasikannya, mengontrolnya hingga dicapai tujuan yang sudah direncanakan. Memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Manajemen perusahaan tentunya akan focus dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Apabila perusahaan masih kacau balau, maka yang harus dilakukan adalah merapikan manajemen dengan standard yang menjadi acuan. Misalnya menggunakan standard ISO 9001 : 2015, maka yang harus dilakukan adalah mendokumenkan semua proses bisnis di perusahaan, mulai Struktur organisasi, Job description dan Job specification, SOP ( Baik yang dalam bentuk flow chart, narasi, gambar) serta pembuatan Intruksi kerja detail agar karyawan bisa bekerja sesuai dengan standard perusahaan.  Apabila perusahaan kacau di bidang ketenaga kerjaan, maka mulailah membangun departemen Ke-HRD-an jika belum ada dengan menyusun departemen HRD yang memiliki prosedur cukup baik hingga menangani personal dalam organisasi perusahaan. Termasuk jika belum ada peraturan perusahaan yang cukup, maka sebaiknya disusun peraturan perusahaan dengan baik dan mulai didaftarkan ke Depnaker agar mendapatkan pengesahan.

Apabila perusahaan ternyata masih belum memiliki Sistem informasi manajemen yang dapat membantu dalam pelaporan penjualan, pembelian, inventory, kas dan bank serta laporan keuangan perusahaan, sebaiknya perusahaan mulai merapikan perusahaan di system informasi manajemen sehingga arah dari perusahaan dapat dipantau secara teknologi. Sudah banyak system informasi manajemen yang tinggal memakainya baik dalam bentuk off line maupun on line sehingga perusahaan bisa mendapatkan laporan keuangan dalam bentuk neraca, arus kas maupun rugi laba, dengan demikian kinerja asset perusahaan dan kinerja operasional perusahaan bisa dipantau serta diukur.

Di tahun 2019 marilah kita mulai dengan perencanaan lebih baik, dengan mengacu ke pengalaman sebelumnya apa saja yang belum maksimal kita bisa tingkatkan. Kita buat perencanaan kembali, issue terkini dengan mengaca dan melihat kondisi external, tahun 2019 akan ada apa pilihan Presiden misalnya. Kondisi global yang terus berubah, serta dinamika yang ada di dunia social, politik dan ekonomi perlu juga dipertimbangkan dalam pembuatan perencanaan. Dengan perencanaan yang baik dan pemaksimalan sumberdaya yang baik, niscaya pasti perusahaan akan berhasil. Semoga tahun 2019 akan menjadi tahun yang semakin cerah dengan pertumbuhan yang berkesinambungan. Amin.