FINANCIAL & ACCOUNTING SERVICE CONSULTING

Perusahaan kami menangani implementasi software accounting dan keuangan perusahaan berbagai industri, sehingga dalam merapikan manajemen, Tim konsultan kami dapat lebih mudah dalam mengindentifikasi kebutuhan klien di bidang finance dan akunting. Sebelum diatur dengan baik mengikuti manajemen berbasis ISO 9001:2015 yang berlandaskan pengecilan risiko keuangan, tim konsultan akan mendesain SOP Finance dan akunting sebelum penerapan software dilakukan. Dengan demikian laporan keuangan selain akurat, penginput data sangat kecil kesalahan dalam penempatan semua transaksi yang ada di perusahaan, karena masuk di akun-akun yang benar sesuai dengan standard akuntansi Indonesia. Ini sering tidak diketahui oleh para pengusaha, sehingga pengaturan perpajakan sering terkendala, terutama dalam pengelolaan keuangan dan pencatatan yang berbasis risiko maupun yang terkait tax planning.

Semua kegiatan bisnis apapun itu, baik bergerak dalam bidang perdagangan, jasa maupun produk hasil manufacturing yang berskala sangat besar atau kecil tidak pernah bisa terlepaskan dari yang namanya akuntansi, khususnya adalah dalam hal keuangan. Kenapa dalam hal ini perhitungan akuntansi sangat diperlukan dalam internal bisnis? Karena akuntansi ini memang seharusnya digunakan sebagai dasar utama oleh para pelaku usaha dalam membuat keputusan agar bisnisnya mamu berjalan dengan lancar.

Seorang pengusaha membutuhkan adanya informasi yang valid dan benar yang dihasilkan dari sebuah laporan keuangan untuk menekan, bahkan untuk memperkecil resiko terjadinya kesalahan dalam hal pengambilan keputusan

Untuk saat ini sudah banyak sekali software accounting yang telah dipasarkan untuk membantu berbagai kebutuhan dari para pengusaha, baik yang masih berbasis desktop, software akuntansi yang bersifat custom, maupun yang baru-baru ini muncul adalah yang berbasis cloud (system online). Namun kejadian yang lebih sering terjadi dan harus dihadapi oleh para pengguna software accounting memang tidak sepenuhnya mampu dalam memberikan informasi seperti apa yang diinginkan oleh para pengusaha tersebut. Mengapa bisa demikian? Dengan membeli software accounting hanyalah sebagai sebuah langkah awal, namun masih terdapat beberapa hal lain yang memang sejak dari awal harus sudah dipersiapkan agar software accounting dapat berjalan sesuai dengan harapan dari para pebisnis.

Hal-hal yang paling mendasar berikut inilah yang harus Anda perhatikan apabila Anda memang benar-benar serius berniat ingin menggunakan software akuntansi:

1. Ketersediaan Tenaga/SDM yang Terlatih.

Jika bukan Anda sendiri yang akan melakukannya, maka Anda harus memiliki tenaga-tenaga terampil dan terlatih yang akan membantu Anda dalam hal menginput data ke dalam software tersebut, memeriksa data, dan membuat laporan ke dalam format yang sangat dibutuhkan. Tenaga terampil untuk posisi seperti ini meliputi:

• Administrasi yang bertugas untuk mengisi data. Anda bisa merekrut tenaga dari lulusan SMK atau D3 Akuntansi.
• Supervisor accounting yang bertugas untuk mengontrol data yang akan diinput dan menyajikannya ke dalam bentuk laporan yang bisa Anda pahami.
• IT adalah orang yang memiliki pengalaman dalam bidang software, hardware dan jaringan komputer.

2. Infrastruktur yang Cukup Memadai.

• Komputer client beserta operating sistemnya. Pastikan juga bahwa komputer yang akan digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi dari software accounting tersebut (apabila software dekstop), namun untuk jenis cloud tidak terlalu membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi, hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil.
• Komputer server. Apabila software accounting yang akan digunakan sudah sangat mendukung dengan fitur multi user dan jumlah user melebihi dari 5 pengguna, maka sebaiknya harus disiapkan komputer server yang sangat mendukung hardwarenya.

3. Jaringan Kabel LAN.

Khususnya apabila software accounting yang akan dijalankan oleh lebih dari 1 user, maka setidaknya Anda harus menyediakan sarana dan prasarana untuk kabel jaringan komputer yang biasa disebut dengan Local Area Network (LAN).

4. Persiapan Data-Data Penting.

Bagi perusahaan yang masih baru berjalan dan kemudian ingin menggunakan software accounting maka hal ini terbilang memiliki tingkat kompleksitas yang jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lama berjalan namun masih baru dalam implementasi software accounting yang sebelumnya belum pernah terpikirkan untuk menggunakan software accounting. Dibutuhkan adanya berbagai persiapan-persiapan tambahan yang sedikit lebih lama agar berbagai informasi yang telah dihasilkan oleh software accounting bisa menjadi lebih akurat.

Untuk perusahaan yang sudah lama berjalan, harus ditentukan terlebih dahulu tanggal mulainya yang disebut dengan tanggal Cut Off. Tanggal cut off seperti inilah yang nantinya akan digunakan sebagai langkah awal dalam hal proses menginput data-data transaksi ke dalam software. Tanggal tidak harus sama dengan tanggal dimulainya menggunakan software, dan biasanya lebih banyak menggunakan tanggal pada masa awal periode akuntansi (awal bulan/tahun).

Setelah selesai menentukan tanggal dari cut-off, maka semua data per tanggal cut off tersebut harus segera dikumpulkan, yang meliputi data-data:

• Sales invoice beserta nilai dan tanggal jatuh temponya.
• Purchase invoice beserta nilai dan tanggal jatuh temponya.
• Data stok lengkap.
• Data-data rekening akun (rekening perkiraan) lengkap.
• Daftar asset yang dimiliki perusahaan lengkap.
• Data-data hutang dan piutang (apabila sebelum cut off sudah ada).

5. Penentuan Waktu Implementasi Software Accounting.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk set up software akuntansi, mulai dari awal sampai mampu berjalan baik adalah 1 sampai 3 atau 6 bulan, bahkan bisa juga lebih lama lagi sampai 1 tahun tergantung dari tingkat tinggi rendahnya kompleksitas dari perusahaan yang ingin menerapkan penggunaan software accounting tersebut. Namun seringkali implementasi software seperti ini bisa saja melebihi batas waktu yang pernah diperkirakan sebelumnya. Jadi pastikan juga untuk menyediakan waktu yang cukup serta berbagai persiapan yang matang agar software akuntansi Anda dapat digunakan secara lebih maksimal.

6. Komitmen Demi Keberhasilan Implementasi Software Accounting.

Yakin dengan komitmen Anda dalam usaha untuk keberhasilan implementasi software accounting sangatlah penting. Meskipun Anda mungkin tidak terlalu memahami tentang akuntansi, namun sebaiknya Anda juga harus belajar untuk memahami apa yang akan terjadi apabila bisnis Anda ingin menggunakan software accounting. Berikanlah perhatian secara khusus terhadap perkembangan dari penggunaan software yang sudah Anda beli tersebut.

Dengan cara mempersiapkan beberapa poin penting diatas, maka bisnis Anda akan semakin lebih siap dalam usaha untuk implementasi software accounting. Dengan persiapan yang sangat matang maka implementasi akan dapat berjalan dengan sangat baik dan akan mampu menghasilkan laporan keuangan seperti yang Anda harapkan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda para pengusaha yang ingin menerapkan sukses mengimplementasikan software accounting dalam bisnis anda.

Groedu International Consultant
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 081-13444910(Call Only)
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.groedu.com