Perbedaan Manajemen Pemasaran & Manajemen Produksi

Cara paling sederhana untuk menggambarkan perbedaannya adalah: Manajemen produk bertanggung jawab untuk pembuatan suatu produk, dan manajemen pemasaran produk bertanggung jawab untuk go-to-market (GTM) untuk produk tersebut .

Manajemen Produk

manajemen pemasaran
Manajemen produk adalah fungsi organisasi yang memandu produk melalui setiap langkah siklus hidupnya — memastikan bahwa produk dikirimkan sesuai anggaran, batasan waktu, dan sejalan dengan tujuan produk.

Manajer produk dapat bekerja secara lintas fungsi dengan berbagai tim untuk menyelesaikan produk mereka. Kolaborasi lintas fungsi ini sering melibatkan pemasok dan produsen untuk menciptakan produk, dan pemasar untuk membawa produk mereka ke pelanggan potensial.

Manajer produk perlu memiliki pemahaman mendalam tentang audiens pasar mereka dan rencana serta strategi bisnis untuk mengembangkan dan mengelola strategi produk mereka.

Bergantung pada organisasinya, manajer produk mungkin juga perlu memiliki keterampilan teknis dan pengetahuan TI yang kuat untuk mengelola produk mereka secara efektif.

Manajemen produk berfokus pada mengidentifikasi masalah pelanggan yang harus diatasi, dan biasanya disematkan sebagai bagian dari organisasi EPD (teknik / produk / desain).

Baca juga: 5 Strategi Bisnis “Sukses Melakukan Direct Marketing”

Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran
Pemasaran produk adalah proses membawa produk jadi ke pasar untuk mendorong permintaan dan adopsi oleh pelanggan. Pemasaran produk melibatkan penciptaan citra produk, membangun pesan dan memposisikannya di pasar, benar-benar meluncurkan produk, dan memastikan bahwa tenaga penjualan dan pelanggan memahami daya tarik produk.

Manajemen pemasaran produk berfokus pada pemberdayaan tim go-to-market seperti penjualan, dukungan , kesuksesan pelanggan, dan manajemen akun. Dalam dunia yang ideal, tim manajemen produk dipisahkan dengan jelas dari tim pemasaran produk, sehingga kedua tim dapat fokus dan berspesialisasi . Ini paling sering terjadi di organisasi yang lebih besar.

Apa Peran dan Tanggung Jawab Manajer Pemasaran Produk?

Peran dan tanggung jawab seorang pemasar produk difokuskan pada keberhasilan peluncuran dan penerimaan suatu produk ke pasarnya. Tanggung jawab ini meliputi:

  • Mendorong kesadaran akan produk
  • Menciptakan dan membangun branding dan image produk
  • Membangun pesan produk, positioning, dan persona pembeli
  • Meneliti produk pesaing
  • Membuat konten (termasuk postingan blog, salinan media sosial, video, dll.) untuk mendorong kesadaran dan permintaan akan produk
  • Merencanakan dan berpartisipasi dalam peluncuran produk
  • Mengumpulkan wawasan pelanggan dan umpan balik tentang produk
  • Mengelola keberadaan dan komunitas online produk
  • Konversi penjualan produk
  • Membangun keuntungan bagi organisasi

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar

Apa Perbedaan Antara Manajemen Produk vs Manajemen Pemasaran?

Perbedaan antara manajemen produksi dan manajemen pemasaran antara lain manajemen produksi bertanggung jawab untuk menciptakan suatu produk. Sedangkan, manajemen pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkannya.

Manajer produksi dan pemasar produk memiliki banyak peran serupa. Keduanya bertanggung jawab atas peluncuran produk dan keduanya harus bekerja secara lintas fungsi untuk memastikan produk mereka berhasil. Manajer produk dan pemasar sama-sama peduli dengan penetapan harga, riset pasar, strategi peluncuran, dan perencanaan. Tetapi area fokus utama mereka berbeda.

Manajer produksi memastikan bahwa produk yang pada akhirnya akan masuk ke pasar dibangun sesuai jadwal. Serta sejalan dengan permintaan pasar dan tujuan perusahaan. KPI mereka biasanya berfokus pada kecepatan memasarkan produk baru, kepuasan pelanggan dengan produk, dan efisiensi siklus hidup produk.

Pemasaran, di sisi lain, memastikan bahwa produk mereka dikemas dan ditampilkan secara efektif. Sehingga, menghasilkan pendapatan baru atau berulang untuk bisnis. KPI mereka biasanya berfokus pada pertumbuhan pasar dan retensi pelanggan.

Bergantung pada ukuran organisasi dan jenis produk, pemasar produk dan manajer produk akan sering bekerja sama untuk mencapai peluncuran produk yang sukses. Beberapa organisasi mungkin memiliki manajer produk tetapi tidak memiliki pemasar, karena produk mereka mungkin tidak dijual langsung ke pelanggan.

Terlepas dari strategi organisasi atau produk Anda, penting untuk memahami konsep ini secara keseluruhan untuk kesuksesan produk.

Baca juga: Cara Meningkatkan Customer Experience Dengan Omnichannel

Akhir Kata

Manajemen produk dan manajemen pemasaran tumpang tindih dalam banyak hal, tetapi ada perbedaan utama. Manajemen produk bekerja untuk membuat dan menentukan produk dan fitur baru. Sementara manajemen pemasaran lebih berfokus pada membawa hal-hal tersebut ke pasar.

Keterampilan inti dan kualitas yang dibutuhkan untuk setiap peran juga bervariasi dan harus dipertimbangkan sebelum menentukan peran mana yang tepat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka jasa layanan konsultasi mengenai bisnis ataupun pemasaran. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.