16 Tools AI untuk Marketing di Tahun 2023


Dengan begitu banyak pembicaraan tentang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan potensi dampaknya pada pemasaran, tidak mengherankan jika alat pemasaran yang didukung AI mulai mendapatkan daya tarik.

Sementara banyak pemilik bisnis masih mencoba memahami apa itu AI dan bagaimana itu dapat digunakan, tidak ada keraguan bahwa kecerdasan buatan memiliki potensi untuk merevolusi cara kita melakukan pemasaran.

Dalam postingan blog ini, kita akan melihat beberapa alat pemasaran AI yang paling menjanjikan dan mengeksplorasi bagaimana mereka dapat membantu di tahun 2023.

Beberapa alat pemasaran berbasis AI dapat memanfaatkan sejumlah besar data pelanggan yang dapat diakses oleh perusahaan, dan menggunakannya untuk membuat kampanye yang sangat bertarget. Hal ini dapat membantu bisnis memberikan pengalaman yang lebih disesuaikan, daripada hanya menyampaikan pesan umum.

Perusahaan yang memanfaatkan potensi alat ini akan memiliki keunggulan dalam persaingan mereka. Mulai dari penskalaan pembuatan konten dengan bot otomatis hingga peningkatan personalisasi di berbagai saluran, alat berbasis AI ini memiliki kekuatan yang diperlukan untuk mengubah bisnis apa pun.

AI untuk Analisis & Pemantauan

Crystal Knows

Crystal Knows adalah alat yang sempurna untuk memberi Anda wawasan tentang kepribadian prospek Anda yang sebenarnya dan memastikan Anda berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang benar.

Ini berfungsi sebagai ekstensi browser yang menganalisis profil media sosial dan menyarankan nada dan pilihan kata yang paling tepat, tergantung pada tipe kepribadian.

Anda akan mendapatkan saran waktu nyata selama setiap tahap proses penjualan – mulai dari negosiasi hingga mengatasi keberatan hingga membangun hubungan baik.

Selain itu, jika Anda memimpin tim atau mengadakan rapat satu lawan satu, Crystal Knows akan memberi Anda pedoman yang dipersonalisasi sehingga mudah untuk menyadari kekuatan setiap anggota tim, meningkatkan rapat dengan pelanggan, dan menjadi pemimpin yang lebih berempati.

Personalize

Personalize adalah alat personalisasi bertenaga AI yang terhubung langsung ke CRM atau platform email, sehingga Anda dapat dengan mudah membuat kampanye yang dipersonalisasi otomatis.

Mencakup seluruh basis data pelanggan Anda, platform all-in-one ini mengungkapkan apa yang paling diminati orang, sehingga Anda dapat menjangkau mereka dengan produk dan layanan yang tidak sabar untuk mereka dengar.

Personalize juga dapat menggali jauh ke dalam jejak digital untuk menemukan wawasan penting tentang pelanggan seperti waktu yang dihabiskan di halaman, frekuensi kunjungan, kebaruan, dan banyak lagi.

NetBase Quid

NetBase Quid memanfaatkan pembelajaran mendalam untuk menganalisis jutaan percakapan media sosial untuk wawasan waktu nyata tentang reaksi audiens terhadap merek.

Dengan NetBase Quid, Anda dapat melindungi kesehatan merek Anda dengan lebih baik. Dengan meningkatkan manajemen krisis, dan meningkatkan kinerja kampanye dengan keputusan berdasarkan data.

Selain itu, ini menyediakan dasbor yang mudah digunakan yang dapat Anda sesuaikan untuk melacak merek, platform, dan analitik yang paling penting bagi Anda.

AI untuk Pemasaran Email

Seventh Sense

AI untuk pemasaran email yang menggunakan analitik perilaku untuk menentukan waktu dan frekuensi pengiriman terbaik untuk setiap pelanggan individu. Selain itu, Sevent Sense dapat meningkatkan keterlibatan dan memaksimalkan konversi. Ini membantu meningkatkan keterkiriman dengan membatasi kampanye Anda, menawarkan peluang untuk menjeda kampanye atau melakukan penyesuaian saat itu juga.

Alat ini juga memudahkan tim pemasaran Anda untuk berbagi data tentang kapan pelanggan dan prospek berinteraksi dengan organisasi Anda, memberikan wawasan yang berarti tentang perilaku dan preferensi mereka.

Pada akhirnya, ini mengarah pada pelanggan yang lebih bahagia, siklus penjualan yang dipersingkat, dan tingkat konversi yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Anda memaksimalkan dampak dari setiap email yang dikirim.

MobileMonkey

MobileMonkey adalah alat otomatisasi penjualan multi-platform yang memungkinkan Anda menskalakan kampanye pemasaran secara efisien. Itu dapat menangkap nomor telepon dan alamat email, menjadikannya alat yang sempurna untuk mengumpulkan prospek.

Selain itu, ini menyediakan fitur analitik dan otomasi yang memungkinkan Anda mengukur keberhasilan kampanye dan mengoptimalkan strategi Anda. MobileMonkey tidak berhenti pada perolehan prospek karena ini juga memungkinkan Anda mengirimkan irama penjangkauan penjualan SMS dengan mudah. Dengan alat ini, Anda dapat mendorong peristiwa konversi untuk mencapai sasaran pendapatan lebih cepat daripada sebelumnya.

Reply

Reply adalah platform keterlibatan penjualan yang dikembangkan untuk membantu bisnis mengelola kampanye pemasaran email secara efisien. Ini mengotomatiskan proses yang membosankan seperti membangun tanggapan standar, membangun kampanye cold email, dan melacak kemajuan kampanye.

Selain itu, ini memberikan analitik bermanfaat yang dapat membantu Anda mengidentifikasi prospek terbaik, mengukur kinerja tim dari waktu ke waktu, dan menghasilkan laporan dari data.

Reply juga terintegrasi dengan CRM populer seperti Salesforce, Hubspot, dan Copper sehingga Anda dapat dengan mudah menganalisis interaksi pelanggan di satu tempat.

AI untuk Pembuatan Video

Movavi Video Editor

Movavi Video Editor adalah perangkat lunak pengeditan video multi-segi yang menyediakan berbagai fitur seperti efek khusus, transisi, animasi, audio, dan pengeditan teks. Teknologi AI membantu mengidentifikasi elemen secara otomatis seperti orang, hewan, objek, sehingga dapat dilacak dengan satu klik.

Selain itu, ini juga dapat mendeteksi dan menghilangkan kebisingan latar belakang yang dapat menyebabkan gangguan pada video. Selain itu, Movavi Video Editor juga memiliki fitur penghapusan latar belakang AI yang membantu memisahkan subjek dari lingkungannya. Semua fitur ini menjadikan Movavi Video Editor alat yang ideal untuk bisnis yang ingin membuat video menarik dengan sedikit usaha.

Synthesia

Synthesia dapat membuat video berkualitas tinggi dari teks dalam beberapa menit, menghemat waktu kerja pembuat video yang panjang. Ini mendukung banyak bahasa dan memungkinkan pengguna untuk memilih musik dari daftar putar mereka sendiri.

Ini juga menghilangkan kebutuhan akan aktor, kru film, dan peralatan audio yang mahal, karena menggunakan avatar AI yang dapat berperan sebagai presenter Anda. Artinya, Anda dapat mempercepat proses produksi video dan membuat video instruksional atau demonstrasi hampir dalam beberapa menit.

Descript

Descript adalah alat pengeditan video yang sempurna untuk bisnis yang ingin membuat video dengan cepat dan mudah. Itu dapat menyalin audio menjadi teks, memungkinkan Anda mengedit video menggunakan teks biasa alih-alih bingkai video yang rumit.

Selain itu, ini menyediakan berbagai fitur seperti kloning suara otomatis yang memungkinkan Anda membuat ulang suara siapa pun hanya dengan beberapa sampel, dan sinkronisasi bibir otomatis yang memungkinkan Anda membuat video sinkronisasi bibir yang realistis menggunakan AI.

AI untuk Penciptaan Gambar

Craiyon

AI Craiyon adalah generator gambar AI online yang mengambil input berbasis teks dan mengubahnya menjadi gambar khusus, dan tanpa perlu mempekerjakan seniman atau desainer grafis. Baik Anda membuat konten untuk media sosial, grafik halaman web, email, atau iklan spanduk.

Craiyon dapat membantu Anda membuat visual unik dengan mudah. Ini juga menawarkan pencarian gambar atau logo yang dapat digunakan sebagai titik awal untuk membuat visual Anda sendiri.

PhotoRoom

AI bernama PhotoRoom adalah alat desain yang memungkinkan pengguna menghapus latar belakang dengan cepat dan mudah dari foto potret apa pun dan menggantinya dengan latar belakang berwarna pilihan mereka.

PhotoRoom menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan untuk secara otomatis mengidentifikasi dan memisahkan subjek foto dari latar belakang.

Menghilangkan kebutuhan pemilihan piksel dan jalur secara manual. Hal ini membuat proses desain menjadi lebih cepat dan mudah, memungkinkan pengguna membuat visual imersif dengan cepat dan efisien.

AI untuk Pengoptimalan Konten

GrowthBar

GrowthBar adalah alat pengoptimalan konten terbaik untuk pemasar. Dengan satu klik, Anda dapat dengan mudah membuat garis besar konten yang dilengkapi dengan judul yang ideal, perkenalan yang menawan.

Kata kunci dan frasa yang ditargetkan dengan baik, jumlah kata yang sesuai, tajuk dan gambar yang relevan, serta tautan internal yang penting.

Hasilnya, Anda mendapatkan titik awal yang baik untuk posting blog Anda yang berpotensi bersaing dengan halaman peringkat tinggi. Untuk mempermudah, Anda dapat membuat postingan blog Anda di dalam aplikasi GrowthBar atau di WordPress itu sendiri.

Surfer SEO

Surfer SEO adalah alat yang harus dimiliki yang dapat secara signifikan membantu strategi konten bisnis secara keseluruhan. Itu memilih kata kunci yang relevan, menyarankan struktur untuk garis besar konten, dan menentukan kepadatan gambar untuk setiap konten.

Selain itu, saat bekerja di platform, pembuat konten dapat melihat peningkatan skor SEO secara real time. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa konten dioptimalkan untuk kinerja terbaik. Selain itu, pembuat konten dapat menganalisis situs pesaing untuk menemukan taktik yang mereka gunakan dan mengidentifikasi peluang yang terlewatkan.

Semua fitur ini menjadikan Surfer SEO alat penting untuk bisnis yang ingin memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan mereka.

AI untuk Copywriting

Akrolinx

Akrolinx adalah alat analisis konten yang kuat yang memberdayakan pemasar untuk menulis salinan terbaik dan seefektif mungkin. Ini memberikan wawasan yang cepat dan dapat ditindaklanjuti ke seluruh pustaka file dan situs web Anda, membantu Anda menetapkan sasaran dan pedoman yang konsisten untuk pembuatan konten.

Dengan Acrolinx, Anda dapat memastikan semua konten Anda sejalan dengan merek Anda, disesuaikan dengan audiens target Anda.

Dan secara akurat mencerminkan gaya, nada, suara, dan terminologi di semua situs web dan media sosial Anda. Dengan memberikan panduan dan saran waktu nyata, Acrolinx membantu merek membuat konten yang meningkatkan kinerja konten mereka secara keseluruhan.

DeepL

DeepL adalah alat terjemahan yang menyediakan terjemahan dokumen dan file secara instan dan akurat dalam beberapa bahasa. Dengan memanfaatkan pembelajaran mendalam dan pemrosesan bahasa alami, DeepL dapat secara akurat menangkap nuansa dan kata-kata yang sulit dipahami oleh beberapa alat terjemahan terbesar, seperti Google dan Microsoft.

Selain itu, kemampuan AI DeepL dapat mengoreksi teks Anda dan menyarankan peningkatan gaya, serta perbaikan tata bahasa.

Kafkai

Kafkai adalah algoritme bertenaga AI yang membantu mengotomatiskan pembuatan konten dan merampingkan proses pemasaran konten. Ini menggunakan model penulisan umum yang telah dilatih di ceruk SEO populer, memungkinkan pengguna untuk menyebarkan artikel dengan ide atau paragraf yang ingin mereka gunakan.

Selain itu, Kafkai dapat menghasilkan konten khusus dari awal. Artinya Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti dan menulis konten Anda sendiri.

Tips Memulai Pemasaran AI

Memulai alat AI dalam pemasaran tidak harus berlebihan – jika Anda memiliki sumber daya dan anggaran yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk mulai menggunakan AI dalam pemasaran Anda:

  1. Teliti berbagai jenis alat bertenaga AI yang tersedia dan putuskan mana yang paling bermanfaat bagi bisnis Anda.
  2. Tetapkan tujuan yang jelas dan terukur dengan tim Anda, sehingga setiap orang memahami apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan.
  3. Kembangkan rencana implementasi dan garis waktu untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan akurat.
  4. Pantau hasil penggunaan alat pemasaran AI dan sesuaikan jika perlu – ini mungkin melibatkan pelatihan staf baru atau mengubah strategi.
  5. Terus berinvestasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi pemasaran AI dan tetap mengikuti tren dan perkembangan baru.

Baca juga: Kecerdasan Buatan: Bagaimana Itu Memengaruhi Keselamatan Tempat Kerja?

Kesimpulan

AI adalah bidang yang sedang naik daun yang menjanjikan banyak bisnis yang ingin meningkatkan penjualan, ROI, dan kesadaran merek. Meskipun mungkin mengintimidasi untuk memulai menggunakan AI, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda menganggarkan dan mulai menggunakan alat ini.

16 alat pemasaran AI penting yang kami cantumkan di postingan blog ini akan berperan penting dalam membantu bisnis Anda sukses di tahun 2023 dan seterusnya. Sudahkah Anda mulai memasukkan pemasaran AI ke dalam strategi Anda? Jika demikian, kami ingin mendengar tentang pengalaman Anda di komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan jasa konsultasi bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.