8 Cara Efektif untuk Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel

Omnichannel umumnya sering digunakan untuk meningkatkan kampanye dan strategi pemasaran. Padahal, Omnichannel tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan marketing, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel?

Untuk mengetahuinya,kita simak pembahasan lengkap tentang cara efektif meningkatkan penjualan dengan Omnichannel di bawah ini!

Apa Itu Omnichannel?

meningkatkan penjualan
Omnichannel adalah platform yang dapat menggabungkan berbagai saluran penjualan online dan offline ke dalam satu sistem terpusat.

Ini mencakup situs web, aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Line, serta media sosial lainnya.

Dengan menggunakan Omnichannel, bisnis dapat meningkatkan penjualan di berbagai channel secara cepat dan efektif.

Terlebih jika Omnichannel diintegrasikan dengan aplikasi CRM yang dapat mengotomatiskan seluruh tahapan bisnis dengan mudah.

Baca juga: Perbedaan Manajemen Pemasaran & Manajemen Produksi

Apa Manfaat Omnichannel untuk Penjualan?

Menurut sebuah studi, pelanggan Omnichannel akan menghabiskan 15-30% lebih banyak dari pada pelanggan multichannel atau tunggal.

Angka tersebut menunjukkan bahwa banyaknya saluran penjualan memungkinkan bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat Omnichannel untuk penjualan:

1. Menyediakan Lebih Banyak Saluran untuk Pembelian Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwasanya Omnichannel dapat memungkinkan bisnis atau perusahaan untuk memiliki lebih dari satu saluran penjualan secara mudah dan cepat.

Dengan demikian, prospek atau pelanggan dapat memilih untuk menggunakan channel manapun yang mereka sukai guna melakukan transaksi pembelian dengan senyaman mungkin.

2. Meningkatkan Lalu Lintas Pelanggan dari Saluran yang Ada

Banyaknya saluran yang digunakan memungkinkan bisnis untuk lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh pelanggan.

Bahkan, pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi toko offline Anda. Akibatnya, traffic atau lalu lintas pelanggan juga menjadi meningkat.

Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan potensi pembelian yang akan dilakukan oleh calon pelanggan yang berkualitas.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis “Sukses Melakukan Direct Marketing”

3. Mendorong Customer Journey

Customer journey terkadang tidak selamanya berjalan dengan mulus, tak jarang beberapa pelanggan menemukan hambatan dan berhenti pada tahapan tertentu.

Hal ini sering kali terjadi ketika pelanggan sulit untuk menjangkau bisnis atau sebaliknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut.

Karena dengan Omnichannel, prospek ataupun pelanggan dapat dengan mudah menjangkau bisnis kapan saja dan di mana saja, begitu juga dengan sebaliknya.

4. Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Positif

Coba bayangkan Anda sebagai seorang pelanggan yang tengah melakukan perjalanan untuk melakukan transaksi pembelian.

Sebagai pelanggan, Anda tentu akan merasa senang apabila perjalanan Anda berjalan dengan mulus tanpa kendala bukan?

Kemudahan yang ditawarkan Omnichannel membuat pelanggan dan bisnis dapat menjangkau satu sama lain dengan mudah dan cepat.

Akibatnya, perjalanan menjadi mulus dan pelanggan dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, jika pelanggan memiliki pengalaman yang positif, maka bukan tidak mungkin jika itu akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Di mana pelanggan potensi repeat order atau pembelian berulang akan menjadi besar, karena pelanggan merasa senang dengan produk, layanan, brand image dan brand value yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Platform Apa Saja yang Dapat Digunakan Bisnis untuk Berjualan?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwasanya Omnichannel merupakan platform yang dapat menggabungkan berbagai saluran penjualan online dan offline ke dalam satu sistem terpusat.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan berbagai channel yang berbeda untuk melakukan transaksi penjualan bisnis Anda. Namun, platform apa saja yang dapat digunakan bisnis untuk berjualan?

1. Situs web

Platform penjualan yang pertama dan paling umum digunakan adalah situs web atau website bisnis. Di mana di dalamnya tidak hanya tertera tentang produk yang dipasarkan bisnis, tetapi juga tentang informasi bisnis secara general.

Informasi tersebut termasuk alamat toko offline dan online yang dimiliki oleh bisnis. Sehingga, pelanggan nantinya dapat menjangkau bisnis dari mana saja berdasarkan informasi yang telah diperoleh dari website bisnis tersebut.

2. Marketplace

Saat ini kemudahan teknologi tengah banyak diminati hampir semua kalangan. Ini karena teknologi tidak hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih cepat, tetapi juga menjadi ringkas dan mudah untuk dilakukan.

Sehingga, tidak heran apabila ada banyak pelanggan yang senang untuk berbelanja di berbagai platform marketplace yang berbeda. Dalam hal ini, Anda juga perlu melakukan penjualan di marketplace agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk bisnis Anda.

3. Media Sosial

Siapa bilang media sosial hanya digunakan untuk bertukar kabar? Kini, media sosial dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk kegiatan berbisnis seperti berjualan.

Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai platform all-in-one untuk melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan mudah dan efektif.

4. Aplikasi Chatting

Platform Omnichannel lainnya yang banyak digunakan untuk berjualan adalah aplikasi chatting seperti WhatsApp API dan Facebook Messenger.

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi chatting berbeda sesuai dengan target audiens dan kebutuhan pasar Anda.

Ini bisa menjadi cara meningkatkan penjualan dengan omnichannel yang paling tepat dan efektif untuk bisnis Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Customer Experience Dengan Omnichannel

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel?

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan penjualan dengan omnichannel yang perlu Anda ketahui:

1. Tingkatkan Layanan Pelanggan yang Dipersonalisasi

Cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang pertama adalah dengan meningkatkan layanan pelanggan yang dipersonalisasi.

Dalam hal ini, komunikasi yang dipersonalisasi dan pemahaman tentang kebutuhan serta prioritas pelanggan menjadi hal yang diharapkan oleh pelanggan dari sebuah bisnis.

Apabila pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka ini akan membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

2. Ciptakan Pengalaman yang Tidak Terlupakan

Strategi Omnichannel berikutnya adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai seorang pelanggan dan pikirkan tentang pengalaman seperti apa yang ingin Anda dapatkan dari sebuah perusahaan.

Ini bisa menjadi cara yang bermakna dan paling kreatif dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, dan yang pasti tidak terlupakan.

3. Integrasi Teknologi

Integrasi teknologi interaktif seperti AI dan CRM dapat membantu bisnis untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan.

Di sisi lain, ini juga membantu memberikan informasi pelanggan yang dapat ditindaklanjuti perusahaan.

Dengan demikian, bisnis dapat memberikan pengalaman terbaik yang dipersonalisasi di setiap tahap perjalanan pelanggan.

4. Berinvestasi pada Wawasan Pelanggan

Informasi dan data tentang pelanggan memiliki banyak manfaat yang menguntungkan, salah satunya yaitu dapat menyempurnakan pengalaman omnichannel bisnis Anda.

Dengan wawasan dan perspektif holistik terkait pelanggan, Anda dapat mendorong personalisasi yang diperlukan untuk membuat strategi omnichannel yang sukses berbasis data.

5. Digitalisasi Toko

Saat ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online, termasuk berbelanja. Untuk itu, Anda perlu melakukan digitalisasi toko guna menyesuaikan pasar yang tengah berkembang.

Omnichannel CRM memungkin bisnis untuk memberikan pengalaman digital yang dipersonalisasi sesuai dengan keinginan atau harapan pelanggan saat ini.

Akibatnya, tingkat transaksi pembelian, penjualan, dan pendapatan pun naik dan mencapai target yang telah ditetapkan bisnis sebelumnya.

Baca juga: Customer Satisfaction: Cara Membangun Kepuasan Pelanggan

6. Customer Journey Mapping

Customer journey mapping dapat membantu Anda untuk memastikan semua proses perjalanan pelanggan berjalan dengan sangat baik tanpa adanya kendala.

Dalam hal ini, Anda juga perlu menavigasi titik kontak atau touch point yang berbeda. Adapun tujuannya adalah untuk memastikan bahwa saluran yang ada telah dioptimalkan sebaik mungkin untuk memberikan perjalanan dan pengalaman pelanggan yang mengesankan.

7. Manfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan yang Maksimal

Cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial bisnis dengan semaksimal mungkin.

Mengingat, saat ini media sosial menjadi salah satu pusat komunikasi terbesar di dunia. Di mana penggunanya tidak hanya bertukar pesan, tetapi juga dapat saling melakukan interaksi dan komunikasi dengan lebih berekspresi.

8. Gunakan AI dan Chatbot

Anda mungkin berpikir bahwa bisnis Anda sudah memiliki customer service yang cukup bagus.

Namun, apakah itu dapat melayani pelanggan selama 24/7? Penggunaan robot pintar seperti AI dan Chatbot dapat membantu pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda kapan saja dengan mudah secara real-time.

9. Kumpulkan dan Analisis Data Pelanggan

Pengumpulan dan analisis informasi serta data pelanggan dapat memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan pelanggan yang lebih komprehensif dibanding sebelumnya.

Kemudian, data ini dapat Anda gunakan untuk membuat keputusan atau strategi terkait pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan yang lebih baik.

Sehingga, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak target audiens potensial dan mengonversi mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Pada akhirnya ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: Tips SEO untuk Masuk ke Halaman Pertama Google

Akhir Kata

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Selain dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan, Omnichannel juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan, termasuk pemasaran dan layanan pelanggan.

Semoga Artikel ini bermanfaat Dan jika Anda membutuhkan informasi secara detail perihal Strategi Omnichannel Marketing Yang Effektif Untuk Meningkatkan Penjualan atau saat ini Anda tengah membutuhkan konsultan profesional untuk membantu Anda, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau bisa langsung hubungi kami melalui Whatsaap 0812-5298-2900.